Blog ini berisi informasi sekolah Indonesia, artikel tentang sekolah, pengertian sekolah, yang sangat disarankan untuk anda baca oleh Google.

5 Jenis Administrasi Sekolah Dan Penjelasannya

administrasi sekolah
Tahukah anda apa itu administrasi sekolah? Yaitu semua usaha yang dilakukan di suatu sekolah untuk menjadikan segala kegiatan di sekolah dapat berjalan dengan baik dan teratur. Dalam pelaksanaannya hal ini didukung oleh SDM dan Materi yang ada di sekolah tesebut. Dengan kata lain, administrasi sekolah berperan dalam mengelola kegiatan di sekolah dengan tujuan puncak untuk mencapai kualitas pendidikan yang tinggi.

Tanpa adanya administrasi dan pengelolaan yang baik, kita mungkin bisa bayangkan apa yang akan terjadi di dalam sekolah tersebut. Maka penerapan administrasi yang tepat merupakan syarat mutlak agar sekolah - sekolah di Indonesia dapat melahirkan lulusan dan tamatan sesuai dengan yang diharapkan.

Inilah 5 Jenis Administrasi Sekolah


Ada beberapa macam administrasi sekolah, 5 administrasi sekolah berikut merupakan administrasi pokok yang wajib diwujudkan di setiap sekolah di Indonesia, yaitu :

1. Pengelola Sarana dan Prasarana

Dalam hal penyelenggaraan pendidikan di sekolah, bagian administrasi yang mengelola sarana dan prasarana harus dapat memenuhi segala kebutuhan sekolah yang menunjang proses penyelenggaraan pendidikan tersebut, baik itu bangunan, inventaris, maupun kebutuhan lainnya.

2. Pengelola Kurikulum

Tugas dari pengelola kurikulum adalah menyesuaikan program pendidikan dengan kurikulum nasional, memberikan pedoman kurikulum kepada setiap guru, serta membuat perencanaan tentang proses pembelajaran sesuai dengan jenjang kelasnya.

3. Administrasi Siswa

Khusus bagian pengelola kesiswaan ini berkaitan dengan mewujudkan pembinaan yang efektif dan efisien menyesuaikan dengan fasilitas sarana dan prasarana yang ada di sekolah tersebut. Bagian kesiswaan harus dapat menentukan target berapa jumlah siswa yang sanggup ditampung di sekolah itu. Termasuk meneliti kondisi siswa, dan membantu mewujudkan cara agar setiap siswa dapat belajar dengan nyaman dan kondusif agar lulusan di sekolah tersebut dapat sesuai harapan guru dan orang tuanya.

4. Administrasi dan Pengelola Keuangan

Bagian pengeloa keuangan memegang peranan penting dalam hal pengaturan anggaran sekolah mulai dari merencanakan sumber pemasukan dan tujuan pengeluaran yang didata dengan jelas yang dilakukan secara rutin dan bertahap dan dapat dipertangungjawabkan.

5. Administrasi Personalia

Fungsi dari administrasi personalia adalah untuk mengetahui dan membidangi semua personil pengajar maupun tata usaha, bahkan pesuruh di sekolah tersebut dalam hal penyelengaraan pendidikan yang edukatif, efektif, dan efisien.

5 jenis administrasi sekolah
Ilustrasi Administrasi Sekolah


Nah itulah beberapa administrasi sekolah yang menurut kami paling vital dan harus ada di setiap sekolah. Dan sebenarnya masih ada beberapa jenis administrasi lagi yang dapat ditambahkan seperti administrasi hubungan masyarakat dan lain sebagainya yang intinya untuk menunjang kelancaran pendidikan di suatu sekolah yang mungkin perlu melibatkan masyarakat di sekitar secara langsung juga.

Demikianlah artikel tentang administrasi sekolah ini semoga dapat membantu para pembaca sekalian yang mungkin termasuk salah satu personil pengelola sekolah.

5 Jenis Administrasi Sekolah Dan Penjelasannya Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Unknown

0 comments:

Post a Comment