Blog ini berisi informasi sekolah Indonesia, artikel tentang sekolah, pengertian sekolah, yang sangat disarankan untuk anda baca oleh Google.

Sejarah Sekolah Alam Depok

sekolah alam depok
Sekolah Alam Depok bermula dari keinginan untuk mengubah paradigma yang sekarang ini hinggap di masyarakat bahwa sekolah yang memiliki kualitas baik pastilah sebuah sekolah yang mahal. Dari anggapan tersebut, sebuah kesimpulan pun muncul yaitu bahwa sekolah yang berkualitas tidak bisa dijangkau oleh mereka yang memiliki ekonomi lemah atau masyarakat bawah. Dari hal tersebut diperlukan sebuah metode dimana pembelajaran yang berkualitas dapat terpenuhi namun masih dapat dijangkau oleh masyarakat yang memiliki perekonomian yang relatif rendah. Tentunya hal tersebut bukan berdasarkan pada alat peraga yang mahal harganya, namun mengacu pada sejumlah alat peraga yang bersumber dari alam yang akhirnya menjadi sumber dari ilmu pengetahuan.

Visi dari Sekolah Alam Depok yaitu menopang terbentuknya sosok insan yang memiliki sifat pembelajaran sepanjang hayat dengan basis alam dan budaya sehingga tercipta sebuah generasi yang memiliki ketangguhan dan berakhlak mulia.

Konsep Pendidikan Sekolah Alam Depok


Dalam memberikan sebuah pengajaran yang baik, tentunya Sekolah Alam Depok memiliki konsep pendidikan sehingga menjadi sebuah sistem yang efektif dan mampu tepat pada sasaran. Dalam penerapannya, metode pendidikan sekolah alam tersebut memiliki strategi mengajar yang kontruktivisme dengan beberapa rincian yang diantaranya yaitu:

1. Student center

Dalam menjalankan sebuah pembelajaran, anak dididik untuk merasakan alam dan hal tersebut menjadi salah satu bagian dari kurikulum. Dengan alam yang menjadi kurikulum, setiap pembelajarannya menjadikan anak lebih aktif dan rasa keingintahuannya menjadi lebih besar. Dengan begitu guru hanya bertugas membimbing saja.

2. Pengalaman langsung

Metode ini jelas berbeda dengan kebanyakan sekolah yang menerapkan sistem kelas yang mana pembelajarannya memiliki sifat tidak secara langsung menyentuh objek yang dipelajari. melalui Sekolah Alam Depok, anak dibebaskan untuk mengekplorasi alam disertai dengan penjelasan secara langsung dengan metode yang berinteraksi secara dua arah.

3. Ekspresif

Dengan metode yang ekspresif, anak bisa mengeluarkan sejumlah potensi yang kadang tertutupi saat mereka berada dalam sekolah yang pada umumnya. Anak dibiarkan mengolah potensinya sendiri dan guru hanya memberi dukungan serta arahan yang baik tentang potensinya tersebut.

4. Kognitif


Dalam pelajaran di sekolah alam, anak diberi arahan untuk bisa berpikir dengan logika yang sesuai dengan perkembangannya. Selain itu anak diberi kesempatan untuk menganalisa dan menyimpulkan hipotesa yang nantinya melatih kemampuan berpikir anak.

5. Perkembangan


Dalam menjalankan pendidikan di sekolah alam, siswa atau anak didik diberi pengarahan dan pembelajaran sesuai dengan tahap perkembangannya. Dengan begitu, setiap anak tetap mendapat perhatian yang lebih dari pendidiknya. Sangat berbeda denga sekolah biasa yang menyamaratakan potensi atau kemampuan anak sehingga terjadi sebuah ketimpangan dalam mengolah sebuah pembelajaran.

sejarah sekolah alam depok






6. Tantangan


Dengan metode memberikan tantangan, anak diberi kesempatan untuk memilih tugas sekaligus membuat perencanaan. Disini peran guru hanya sebagai fasilitator.

Dengan metode yang diberikan di sekolah alam Depok, maka anak akan menjadi lebih pintar karena kemauannya sendiri dan mampu menggali potensinya yang mampu memunculkan sebuah anak yang berprestasi sekaligus berakhlak mulia.

Sejarah Sekolah Alam Depok Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Irvan Suhery

0 comments:

Post a Comment