Blog ini berisi informasi sekolah Indonesia, artikel tentang sekolah, pengertian sekolah, yang sangat disarankan untuk anda baca oleh Google.

Tawuran Anak Sekolah Dan Dampak Buruknya

tawuran anak sekolah

Sering kita saksikan di tayangan televisi atau bahkan di lingkungan kita sendiri peristiwa tawuran anak sekolah. Entah apa yang menjadi penyebabnya. Namun yang jelas hal tersebut tidak diperbolehkan baik oleh pihak sekolah, hukum maupun masyarakat. Kegiatan tersebut akan mengganggu stabilitas lingkungan dan juga mencemarkan nama baik sekolah.

Faktor penyebab dari tawuran biasanya terjadi karena hal yang sepele. Beberapa sebab yang menjadikan terjadinya tawuran anak sekolah bisa diakibatkan saling menghina satu sama lain atau bisa juga karena persoalan pribadi yang biasanya menyangkut saling berebut pacar. Awal pemicu itu pun bertambah dengan adanya kekompakan yang salah antara sesama pelajar. Hal itu merupakan sikap persahabatan dan kesetiakawanan yang salah bagi seorang pelajar.

Efek yang Timbul dari Tawuran Anak Sekolah


Sebuah kegiatan yang salah atau bertentangan dengan hukum yang ada tentu berdampak pada berbagai hal yang menyangkut dirinya ataupun orang lain. Begitu juga dengan tawuran antar pelajar sekolah. Hal tersebut akan berdampak buruk bagi dirinya maupun orang atau lembaga pendidikan yang menjadi tempat belajarnya.

  • Dampak bagi diri pribadi

Adanya tawuran tentu memiliki dampak yang sangat jelas bagi diri pelakunya. Anak atau siswa sekolah yang melakukan tawuran akan mengalami kemungkinan terkena dampak tawuran seperti terpukul, terlempar batu bahkan terbunuh. Hal tersebut merupakan cara hidup yang sia-sia. Hanya dengan maksud untuk setia kawan harus berujung kematian. Bisa pula sebaliknya yaitu siswa tersebut membunuh lawan tawurannya sehingga penjara pun menjadi tempat yang harus dihuninya dan pendidikan yang ingin dicapai akhirnya musnah.

tawuran anak sekolah dan dampak negatifnya


  • Dampak bagi orangtua

Orangtua menyekolahkan anaknya supaya dapat menuntut ilmu setinggi-tingginya. Namun jika anak tersebut melakukan tawuran, tentu menjadi sebuah kekecewaan besar bagi orangtua. Selain itu rasa malu terhadap berbagai tanggapan dan pandangan sekitar rumah kian membuat orangtua merasa kecewa. Tentu sebagai anak, sikap orangtua yang seperti itu harus menjadi perhatian karena pengorbanannya yang telah membesarkan dan menyekolahkan anak tersebut. Dengan begitu, anak akan berpikir dua kali sebelum melakukan tawuran.

  • Dampak bagi sekolah

Dampak yang dirasakan oleh sekolah dengan adanya tawuran anak sekolah adalah turunnya kredibilitas sekolah tersebut di mata masyarakat. Nama sekolah akan tercoreng dan masuk dalam daftar hitam sehingga bagi orangtua tentu akan berpikir berkali-kali sebelum menyekolahkan anaknya disana. Anda pun tidak akan dapat melanjutkan pembelajaran di sekolah tersebut atau dikeluarkan.

  • Dampak bagi lingkungan

Dampak buruk yang dirasakan bagi lingkungan sekitar sekolah ataupun lingkungan yang menjadi tempat terjadinya tawuran adalah rasa was-was dan ketakutan karena efek tawuran bisa saja mengenai diri maupun tempat tinggal masyarakat. Selain itu rasa marah akan muncul dan mengakibatkan masyarakat justru akan melawan anak sekolah yang melakukan tawuran tersebut.


Ternyata dampak atau efek buruk yang diakibatkan tawuran anak sekolah sangatlah besar. Tak hanya menyangkut diri sendiri saja. Sehingga anak yang akan melakukan tawuran harus berpikir secara bijak sebelum melakukan hal tersebut.

Tawuran Anak Sekolah Dan Dampak Buruknya Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Unknown

0 comments:

Post a Comment