Blog ini berisi informasi sekolah Indonesia, artikel tentang sekolah, pengertian sekolah, yang sangat disarankan untuk anda baca oleh Google.

Biaya Sekolah Pilot dan Alternatif Mendapatkannya

biaya sekolah pilot

Jika anda bertanya-tanya atau hanya sekedar ingin tahu tentang berapa sih biaya untuk masuk ke sekolah pilot, maka di dalam artikel ini kami akan memberikan informasinya untuk anda. Memang seperti yang kami tulis pada artikel sebelumnya, memiliki biaya pendidikan yang cukup merupakan salah satu syarat agar anda bisa masuk menjadi murid di salah satu sekolah penerbangan. Dan anda tidak perlu kaget jika biaya pendidikan di sekolah pilot bisa dikatakan mahal. Kenapa? Nah, temukan penjelasannya di dalam artikel ini.

Benarkah Biaya Sekolah Pilot Mencapai Ratusan Juta?


Ada dua jawaban dari pertanyaan di atas. Bisa YA dan juga bisa TIDAK. Hal ini berkaitan dengan pemilihan sekolah pilot yang anda menjadi tujuan anda. Sebagai informasi, di negara kita terdapat beberapa sekolah penerbangan baik yang sudah lama dan sudah dikenal, maupun yang masih baru.

Namun, sampai saat ini hanya ada satu sekolah pilot yang negeri atau yang langsung ditangani oleh pemerintah kita, yaitu STPI Curug. STPI merupakan singkatan dari Sekolah Tinggi Penerbangan Indonesia. SPTI Curug adalah satu-satunya sekolah penerbangan yang langsung dibawah kedinasan dari Kementrian Perhubungan Indonesia. SPTI Curug terletak di Provinsi Banten, tepatnya di Kecamatan Legok Kewedanan Curug di Kabupaten Tangerang.

Nah, khusus di SPTI Curug, biaya pendidikan menjadi seorang pilot dari awal hingga selesai diperkirakan hanya mencapai Rp. 60 juta. Sebagian besar berbagai hal di SPTI Curug masi dibiayai oleh pemerintah kita. Nah, ini merupakan jawaban YA dari pertanyaan di atas.

Dan untuk di sekolah-sekolah pilot lainnya yang dikelola oleh pihak Swasta akan mewajibkan anda untuk menyiapkan dana berkisar antara Rp. 500 - Rp. 600 juta untuk mengikuti pendidikan pilot hingga selesai. Wah, mungkin sebagian anda berpikir kok bisa sejauh itu perbedaannya. Maka baca terus artikel ini.

Mengapa Biaya Sekolah Pilot Begitu Tinggi?


Biaya pendidikan khusus untuk menjadi seorang pilot sangat tinggi dikarenakan pengadaan fasilitas berupa pesawat terbang yang akan menjadi sarana pelatihan terbang. Selain itu para penyelenggaran pendidikan pilot biasanya menyiapkan tidak cukup hanya satu pesawat saja, namun beberapa jenis pesawat sekaligus. Belum lagi untuk bahan bakar, sewa bandara, membayar instruktur yang tentunya memang memakan dana yang tidak sedikit. Inilah mengapa biaya untuk menjadi seorang pilot tidaklah murah.

Alternatif Mendapatkan Biaya Sekolah Pilot


Seperti yang kami dapat dari berbagai sumber informasi, ternyata biaya pendidikan di sekolah penerbangan ada alternatif untuk mendapatkannya. Yaitu melalui program pinjaman bank untuk pelajar yang sering disebut sebagai student loan. Beberapa pihak sekolah penerbangan telah melakukan kerja sama tertentu agar siswa di sekolahnya diberi pinjaman oleh bank yang nilainya hingga Rp. 300 jutaan bahkan lebih yang nantinya akan dicicil oleh siswa yang bersangkutan setelah lulus dari pendidikan pilot. Cicilan berjangka ini biasanya langsung dipotong dari gaji pilot tersebut yang biasanya akan lunas mulai dari 3 - 15 tahun tergantung perjanjian dan kesepatakan dengan pihak Bank. Khusus mengenai hal ini, jika anda berminat anda bisa langsung bertanya ke pada sekolah pendidikan pilot yang anda maksud agar didapat informasi lebih jelas.

Nah, demikianlah artikel kami mengenai biaya sekolah pilot yang menurut penilaian kami memang dana yang harus dikeluarkan sebanding dengan fasilitas dan hasil yang akan anda dapatkan sesuai dengan cita-cita anda untuk menjadi seorang pengemudi pesawat terbang.

Biaya Sekolah Pilot dan Alternatif Mendapatkannya Rating: 4.5 Diposkan Oleh: SekolahSip Blogger

0 comments:

Post a Comment