Blog ini berisi informasi sekolah Indonesia, artikel tentang sekolah, pengertian sekolah, yang sangat disarankan untuk anda baca oleh Google.

Definisi Dan Contoh Sekolah Alam Indonesia

Sekolah alam Indonesia merupakan sekolah yang dibangun untuk upaya pengembangan pendidikan yang dilakukan di alam terbuka agar mengetahui pembelajaran dari semua makhluk hidup di alam ini secara langsung. Berbeda dengan sekolah pada umumnya yang menggunakan sistem ruangan berupa kelas, para siswa di sekolah alam dibebaskan waktunya untuk lebih banyak berinteraksi di alam terbuka sehingga terbentuk pembelajaran langsung pada materi dan pembelajaran yang bersifat pengalaman.

sekolah-alam-indonesia

Konsep yang diterapkan dalam sekolah alam Indonesia meliputi penggunaan alam sebagai tempat untuk belajar, penggunaan alam sebagai media dan bahan untuk pengajaran serta alam yang digunakan untuk objek pembelajaran. Sekolah ini mampu mengatasi kebosanan yang terjadi pada siswa jika melakukan pembelajaran di dalam ruangan saja. Efeknya adalah dengan adanya sekolah alam tersebut bisa mewujudkan sebuah cita-cita pada setiap orang yang peduli akan perubahan yang terjadi dalam dunia pendidikan khususnya di Indonesia. 

Dengan konsep alam, maka pihak yang menyediakan sekolah tersebut tidak secara permanen menyediakan ruang atau bangunan khusus seperti sekolah pada umumnya. Dengan begitu, siswa dapat merasakan kesegaran dan keindahan alam meski dalam proses pembelajaran. Pembelajarannya pun membebaskan siswanya untuk mengeksplorasi apa yang ada di sekitar mereka tanpa aturan yang mengekang keingintahuannya. Dengan pemahaman sekaligus pengarahan yang baik, siswa akan lebih peduli dan sadar akan lingkunganya. 

 

Contoh sekolah alam Indonesia

Berikut ini adalah contoh sekolah alam yang ada di Indonesia dengan prestasi yang baik dalam dunia pendidikan.

  • Sekolah Alam Bandung

Sekolah yang tidak memiliki tembok dan pos satpam ini hanya dihiasi dengan berbagai saung, persawahan, kolam dan tanaman dengan berbagai macam jenis. Sekolah Alam Bandung berlokasi di daerah Dago dengan kondisi daerah yang sejuk dan memiliki keindahan panorama yang sangat mempesona. Daerah bagian atas Bandung memang sudah dikenali oleh seluruh pelancong yang datang ke kota tersebut karena kesejukan dan keragaman jenis kulinernya. Sekolah yang dikembangkan oleh Eko Kurnianto tersebut memiliki tujuan untuk antitesisi dari pendidikan yang sejak dulu berfokus pada aspek kognitif berupa angka dan nilai hingga melupakan aspek potensi manusia itu sendiri.

  • Sekolah Alam Bogor

Sekolah alam Indonesia yang ada di daerah Bogor tersebut cukup terkenal baik oleh warga Bogor sendiri ataupun daerah sekitar Bogor seperti Jakarta yang notabene sudah mulai kehilangan sejumlah lahan hijaunya akibat perkembangan kemajuan yang terus dibangun. Sekolah Alam Bogor mencetak generasi yang memiliki karya terbaik dengan kemampuan kepemimpinan yang beradab. Hal ini sesuai dengan konsep sekolah tersebut yang bertujuan mengembangkan pendidikan bagi semua dan belajar dari semua.

  • Sekolah Alam Bekasi

Merupakan daerah yang dekat dengan pusat bisnis, sekolah alam bekasi menghadirkan sebuah sebuah sistem belajar yang menggunakan media alam sebagai proses pembelajarannya. Sehingga hasilnya adalah pemahaman secara langsung dan sadar dengan kondisi lingkungan yang sesungguhnya.

contoh-sekolah-alam-indonesia

Dengan mengetahui sekolah alam Indonesia yang memiliki visi dan misi yang baik, maka generasi yang menjalani pendidikan di tempat tersebut akan menjadi genarasi yang baik dan berguna.

Definisi Dan Contoh Sekolah Alam Indonesia Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Unknown

0 comments:

Post a Comment