Blog ini berisi informasi sekolah Indonesia, artikel tentang sekolah, pengertian sekolah, yang sangat disarankan untuk anda baca oleh Google.

Sejarah Sekolah Alam Bandung

Pria asal Bandung ini mengawali Sekolah Alam Bandung dengan terlebih dahulu memiliki nama sekolah alam Bang Lendo Novo. Di awal pembentukannya, sekolah ini hanya difokuskan untuk sebuah pendidikan saja, namun dalam kurun beberapa lama dibuatlah sebuah model sekolah yang menjadikan alam sebagai sumber ilmu dan pengelolaan. Ruangan kelas sekolah tersebut bukanlah sebuah ruangan yang megah dengan dinding tembok sebagai penghalangnya, melainkan sebuah saung yang terbuat dari kayu yang dijadikan sebagai kelas utama. Prinsipnya memang lebih dikhususkan pada pengembangan kualitas guru dan metode penerapan kurikulum melalui alam dan ditunjang dengan buku sebagai panduannya.
sekolah-alam-bandung
Sekolah Alam Bandung tersebut didirikan di lahan seluas 5000 m2 dengan lokasi di perbukitan Dago Utara milik Bapak Hendro Martono yang sudah sejak dulu konsisten dalam pendidikan. Berlokasi tepatnya di Jalan Dago Pojok Kampung Tanggulan Cikalapa II No.4 RT 09 RW 03 Kecamatan Coblong Bandung, desain yang ditampilkan sekolah ini memiliki tata ruang yang tetap menjaga ekosistem lingkungan. Ruang kelas berupa saung dengan tembok berupa pemandangan langsung ke arah perbukitan tersebut tetap menjaga kesuburan dan kehijauan alamnya. Beberapa konsep yang digunakan yaitu program dimana siswanya diharuskan menaman satu pohon.
 

Kurikulum Tambahan Sekolah Alam Bandung Tingkat TK

Berdasarkan pembagian tingkatannya, maka sekolah alam yang berada di Bandung tersebut terbagi dalam beberapa tingkatan. Akan tetapi kali ini kami bahas terlebih dahulu untuk tingkat Taman Kanak-kanak.
Sekolah Alam Bandung untuk tingkat Taman Kanak-kanak lebih memfokuskan pada pendidikan yang ceria dan lebih menuju pada pengembangan akhlaqul karimah dengan rincian kurikulum:
  • Sikap hidup
Pengembangan sikap hidup dalam sekolah alam tersebut diterapkan untuk diri sendiri, orang lain dan kepemimpinan. Dengan sikap hidup yang baik, maka secara sosial siswa dididik untuk saling menghargai dan saling empati terhadap orang lain serta mampu mengembangkan kepemimpinan yang berfokus pada tujuan yang baik.
  • Keimanan
Dalam sistem ini, siswa didik untuk lebih mengenal akan keimanan yang meliputi rukun iman yang 6 yaitu beriman kepada Allah, Rasul, Malaikat, Kitab, Hari akhir dan ketentuanNya. Dengan begitu siswa akan menjadi seorang yang lebih bisa menyeimbangkan urusan dunia dengan akherat.
  • Ibadah
Beberapa hal yang menyangkut dengan ibadah yaitu meliputi fiqih seperti cara bersuci, shalat, shaum dan doa-doa dalam setiap waktunya.
  • Al Quran
Untuk mengenalkan akan kitab yang menjadi pegangan umat muslim, Sekolah Alam Bandung tersebut memberikan materi berupa membaca, menghafal, menulis dan mentadaburi isi dari Al Quran. Lebih lanjut dari hal tersebut yaitu dapat mengaplikasikannya.
  • Interaksi dengan alam
Interaksi dimaksudkan untuk menyelaraskan dengan kondisi berupa lingkungan, tumbuhan dan juga hewan. Dengan begitu, setiap siswanya dapat memanfaatkan karunia Tuhan tanpa merusaknya.
kurikulum-sekolah-alam-bandung
Dengan hal tersebut, Sekolah Alam Bandung menjadi sekolah yang difavoritkan oleh warga Bandung dan sekitarnya agar terbentuk pribadi yang insani dan berlandaskan kesadaran akan lingkungan.











Sejarah Sekolah Alam Bandung Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Irvan Suhery

0 comments:

Post a Comment