Blog ini berisi informasi sekolah Indonesia, artikel tentang sekolah, pengertian sekolah, yang sangat disarankan untuk anda baca oleh Google.

Pengertian Sekolah yang Paling Pas

Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI), maka di dapat beberapa pengertian sekolah. Jika secara fungsi, maka sekolah didefinisikan sebagai suatu bangunan yang merupakan fasilitas untuk mewadahi kegiatan belajar dan mengajar. Di dalam sekolah biasanya ada murid dan ada siswa atau anak sekolah. Namun jika pengertian sekolah ditarik dari sudut pandang lain, maka sekolah juga dapat diartikan sebagai jadwal atau waktu tertentu yang menentukan kapan kegiatan belajar mengajar akan dilaksanakan.
pengertian sekolah yang paling pas

Sekolah merupakan suatu proses pendidikan atau penyampaian ilmu dari guru kepada murid. Dan hampir di seluruh negara di dunia ini pemerintahnya memiliki sistem pendidikan yang wajib dicapai oleh warga negaranya dengan target tertentu. Seperti di negara kita contohnya, setiap warga negara wajib untuk mengikuti jenjang pendidikan yang dulunya 9 tahun dan sekarang menjadi 12 tahun.

Tujuan puncak dari dibuatnya sekolah adalah agar masing-masing individu masyarakat menjadi berilmu sehingga berguna baik untuk diri dan memajukan bangsanya.

Pengertian Sekolah Menurut Bentuknya

Dari suatu sumber kami mendapatkan penjelasan bahwa saat ini ada 5 bentuk sekolah yang akan kami jelaskan di bawah ini.

1.Sekolah Konvensional
Pengertian sekolah konvensional adalah salah satu bentuk sekolah yang kita kenal selama ini. Yaitu memiliki sarana berupa bangungan, gedung dan fasilitas lainnya, serta ada peraturan dan jadwal yang telah ditetapkan dalam penyelenggaraan pendidikan di sekolah konvensional.

2.Sekolah Terbuka
Pengertian sekolah terbuka adalah hampir sama dengan sekolah konvensional. Sekolah terbuka biasanya merupakan program khusus pemerintah yang pelaksanaannya hampir sama dengan sekolah konvensional, bahkan tempatnya pun biasanya menggunakan fasilitas dari sekolah konvensional yang sudah ada. Hanya saja, tidak ada jadwal tetap setiap hari mengenai bertemunya murid dan guru di kelas. Siswa di sekolah terbuka, biasanya dituntut untuk belajar lebih mandiri dibanding dengan siswa di sekolah konvensional.

3.Sekolah Kejar Paket
Mungkin sebagian kita sudah mengetahui bahwa sering mendengar tentang sekolah kejar paket. Nah, pengertian sekolah kejar paket adalah suatu program pendidikan yang biasanya nonformal yang diselenggarakan biasanya oleh suatu lembaga, atau sejenis Yayasan. Sistem pendidikannya tidak mengikat dan dapat disesuaikan dengan kondisi peserta didi, baik waktu maupun usianya.. Dan sekolah kejar paket ini memiliki suatu target tertentu yang pada akhirnya peserta didik di sekolah kejar paket akan diikutsertakan dalam ujian kesetaraan seperti sesui dengan tingkatanya.

4.Sekolah Alternatif
Sekolah alternatif adalah kegiatan pendidikan nonformal yang biasanya sistem pendidikan menjurus ke suatu hal tertentu dalam bentuk kursus atau bimbingan belajar.

5.E-Sekolah
Nah, jenis sekolah yang satu ini mungkin masih jarang kita dengar. E-Sekolah merupakan proses pendidikan yang dilaksanakan tanpa perlu keluar rumah. Siswa dan guru dapat menjalankan proses pendidikan dengan menggunakan kecanggihan teknologi internet. Di beberapa negara luar sudah cukup banyak lembaga pendidikan resmi, bahkan universitas ternama yang sudah membuka kelas untuk belajar secara online. Hanya saja di negara kita E-sekolah ini tampaknya belum disinggung oleh pemerintah secara resmi. Yah mudah-mudahan ke depannya pemerintah kita secara resmi mulai mengadakan pendidikan dalam bentuk E-sekolah.

pengertian sekolah dan bentuknya


Itulah beberapa pengertian sekolah dan juga beberapa bentuk sekolah yang dapat kami rangkum dari berbagai sumber dan kami sajikan untuk anda. Yang terpenting saat ini khusus bagi generasi bangsa Indonesia harus terus kita himbau dan kita dukung agar minimal dapat menyelesaikan jenjang pendidikan 12 tahun yang telah ditetapkan oleh pemerintah kita dengan harapan sebagai penerus tongkat estafet pejuang bangsa untuk Indonesia yang lebih baik kelak.

Pengertian Sekolah yang Paling Pas Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Unknown

0 comments:

Post a Comment