Blog ini berisi informasi sekolah Indonesia, artikel tentang sekolah, pengertian sekolah, yang sangat disarankan untuk anda baca oleh Google.

Pengertian Sekolah Dasar (SD) yang Sebenarnya

pengertian sekolah dasar
Pada artikel sebelumnya kami telah menulis informasi mengenai pengertian sekolah dan beberapa bentuk sekolah. Pada artikel kali ini tidak lupa juga kami muat tentang pengertian sekolah dasar yang umumnya kita singkat dengan SD.

Sekolah Dasar adalah salah satu program pendidikan formal yang ada di negara kita. Seperti informasi yang dimuat pada website kementrian pendidikan nasional yang menerangkan bahwa SD merupakan jenjang pendidikan paling dasar yang berjangka waktu selama 6 tahun, dimulai dari kelas 1 sampai dengan kelas 6 SD. Peserta didik yang telah menyelesaikan pendidikan hingga kelas 6 SD dapat melanjut ke jenjang pendidikan berikutnya yaitu SMP (Sekolah Menengah Pertama).

Pengertian SD sesuai Undang-Undang


Seperti yang disebutkan dalam Undang-undang Nomor 20 Tahun 2001 yang menjelaskan tentang sistem pendidikan nasional, memuat definisi dari pendidikan dasar yang dapat disimpulkan menjadi 2 pengertian.

Pertama, Pendidikan Dasar adalah landasan utama untuk ke jenjang pendidikan tingkat menengah. Kedua, Pendidikan dasar diwujudkan dalam bentuk formal yaitu Sekolah Dasar (SD), Mandrasah Ibtidaiyah (MI), atau beberapa bentuk formal lain yang tingkatannya sama.

Peserta Didik dan Penyelenggara SD


Sesuai dengan peraturan wajib belajar dari pemerintah kita. Khusus untuk Sekolah Dasar peserta didik atau anak sekolah yang dimaksud adalah setiap warga negara Indonesia berusia 7 - 15 tahun. Dulunya 7 -12 tahun, namun sekarang 7 - 15 tahun dengan jenjang pendidikan SD sampai SMP.

Sedangkan penyelenggara pendidikan SD umumnya di Indonesia dikelola langsung oleh Pemerintah kita, sehingga ada yang namanya SD Negeri tertentu di setiap wilayah negara Indonesia. Sebagian lain pendidikan SD juga diselenggaran oleh pihak-pihak Swasta yang tentunya tetap dalam koridor dan perundang-undangan yang diatur oleh pemerintah dan negara serta tetap dalam pengawasan Kementrian Pendidikan.

gambar anak sd


Menurut catatan sejarah, pada masa penjajahan Belanda dulu, pihak Belanda telah memulai membuka sistem pendidikan di Indonesia. Yang mana saat itu sistem pendidikan dasarnya dinamakan ELS ( Europeesche Lagere School) yang mungkin kita jarang mendengarnya. Lalu di masa penjajahan Jepang di Indonesia, nama sistem pendidikan pun diganti menjadi SR (Sekolah Rakyat). SR ini yang masih lebih populer karena sebagian manula di Indonesia masih ada yang pernah mencicipi pendidikan di SR masa itu. Lalu kapan nama Sekolah Dasar (SD) muncul? Nah, SD sendiri muncul setelah Indonesia Merdeka, tepatnya 13 Maret 1946.

Nah, itulah seklumit tentang pengertian sekolah dasar serta sejarahnya yang dapat kami sajikan dalam artikel ini. 

Pengertian Sekolah Dasar (SD) yang Sebenarnya Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Unknown

0 comments:

Post a Comment