Blog ini berisi informasi sekolah Indonesia, artikel tentang sekolah, pengertian sekolah, yang sangat disarankan untuk anda baca oleh Google.

Pentingnya Gizi Anak Sekolah Beserta Jenis Makanannya

Setiap orang tua harus memperhatikan setiap gizi anak sekolah. Alasannya karena makanan yang mengandung gizi yang baik maka akan berdampak baik pada kecerdasan dan juga perubahan bentuk fisik anak. Asupan gizi yang baik jarang sekali kita lihat baik dari rumah hingga ke sekolah. Dengan kata lain anak tidak dibekali asupan untuk menyerap berbagai pelajaran. 

gizi-anak-sekolah

Pentingnya gizi anak sekolah harus mendapat perhatian dari orangtuanya berupa pemberian bekal makanan yang mengandung sejumlah gizi yang baik bagi kecerdasan maupun pertumbuhan tubuh anak. Selain itu, anak juga harus mengerti tentang makanan apa saja yang baik bagi tubuh dan otaknya tersebut. Kini sudah banyak jenis makanan yang justru menghambat pertumbuhan serta kecerdasan sehingga kondisi otot dan otak tidak bisa secara maksimal dikembangkan.
 

Jenis makanan yang bergizi bagi anak sekolah

Gizi anak sekolah bisa didapatkan lewat beberapa makanan yang sepertinya sepele namun mengandung khasiat yang cukup besar bagi pertumbuhan otot dan otak anak. Berikut ini kami sampaikan gizi dan jenis makanannya. 

makanan-bergizi-anak-sekolah
  • Karbohidrat
sebagai penghasil energi, karbohidrat sangat diperlukan untuk aktivitas aktif sang anak. Beberapa makanan yang wajib dan tidak boleh dilewatkan setiap harinya adalah beras, gandum, umbi-umbian dan jagung. Jika asupan karbohidrat tidak dikonsumsi maka akibatnya adalah tubuh menjadi kurus, kulit keriput, gangguan pernafasan wajah serta perut menjadi cekung.
  • Protein
Fungsi dari protein sebagai gizi anak sekolah yaitu untuk membangun dan memperbaiki sel tubuh dan juga menjadi energi tambahan. Sumber makanan yang mengandung protein antara lain ikan, daging, telur, susu dan kacang-kacangan. Jika anak tidak mendapat asupan protein yang benar maka gejala yang timbul antara lain terhambatnya pertumbuhan, daya tahan berkurang, liver menjadi rusak serta mengakibatkan penyakit marasmus.
  • Zat besi
Agar terhindar dari anemia selama proses belajar, anak perlu mendapat asupan zat besi yang didapat dari daging merah, hati, ikan, kangkung dan bayam. Kekurangan zat besi tidak boleh terjadi pada anak dalam masa pertumbuhan sehingga harus tetap mendapat asupan zat tersebut.
  • Vitamin A dan C
Kegunaan vitamin ini yaitu untuk memelihara kesehatan mata dan sistem kekebalan tubuh. Beberapa sumber makanan yang mengandung vitamin A dan C antara lain jeruk, susu, telur, ikan dan wortel. Kekurangan zat tersebut akan membuat mata rabun dan demam.  
  • Yodium
Zat ini berguna untuk pertumbuhan dan sangat baik bagi pertumbuhan syaraf. Makanan yang mengandung yodium diantaranya yaitu ikan laut, garam beryodium dan bayam.
  • Lemak
Lemak  untuk gizi anak sekolah memiliki kegunaan untuk membentuk energi dan melarutkan vitamin A, D, E dan K. lemak bisa didapatkan dari susu, daging dan buah alpukat. Kekurangan lemak menyebabkan tubuh menjadi kurus dan daya tahan menjadi berkurang. 

Dengan mengetahui gizi anak sekolah secara baik, maka kegiatan belajar dapat dilakukan secara optimal sehingga menghasilkan anak yang berprestasi. Selain itu anak mendapatkan tumbuh kembang yang optimal diusianya.

Pentingnya Gizi Anak Sekolah Beserta Jenis Makanannya Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Unknown

0 comments:

Post a Comment