Blog ini berisi informasi sekolah Indonesia, artikel tentang sekolah, pengertian sekolah, yang sangat disarankan untuk anda baca oleh Google.

Sekolah Alam Bekasi Dan Asas Pembangunnya

Sebuah Sekolah Alam Bekasi menghadirkan sebuah suasana yang berbeda dari sekolah pada umumnya. Sekolah tersebut didirikan oleh Yayasan Cinta Alam yang mana secara personal pendiri yayasan tersebut yaitu Drs. Djoko Darmono dan Siti Nurweni Darmono, SH. Model sekolah alam menjadi pilihan karena melihat dari kondisi pendidikan di Indonesia yang kurang menerapkan sistem lingkungan serta pemeliharaannya. Dengan kekayaan alam yang luas, sungguh sayang jika alam tersebut rusak karena kurang maksimal dalam pengelolaannya. Dengan menciptakan generasi yang sadar akan lingkungan, maka pelestarian alam dapat terjaga.

pendiri sekolah alam bekasi


Seperti sudah ditakdirkan, pendiri yayasan ini pun bertemu dengan Ir.Lendo Novo sebagai penggagas sekolah alam sehingga dengan visi dan misi yang sama, terciptalah sebuah sekolah dengan nama Sekolah Alam Bekasi. Lahan yang digunakan cukup luas yaitu sekitar 8100 m2 dengan alamat sekolah di Jalan Raya Hankam No 99 RT 003/006 kelurahan Jatiranggon Kecamatan Jatisampurna Kota Bekasi.

Asas Pembangun Sekolah Alam Bekasi

Asas yang menjadi tonggak bagi pendidikan di sekolah alam tersebut meliputi 3 aspek yang diantaranya yaitu:
  • Asas pembelajaran

Asas sekolah alam ini dibidang pembelajaran yaitu dari Al Qur’an dan Hadist Qudsi yang berisi tentang keharusan manusia untuk berpikir dari alam sebagai sumber ilmu yang tanpa batas. Dalam hal ini Sekolah Alam Bekasi memberikan pandangan belajar dengan cara yang utuh dan menyeluruh. Adapun poinnya yaitu melalui alam, manusia tumbuh menjadi utuh dan kepada alam anak-anak mengambil hikmah yang ada dibaliknya.
  • Asas kurikulum

Dari seluruh tingkatan pembelajaran pada sekolah alam tersebut maka kurikulumnya memiliki sifat luwes sesuai dengan perkembangan kejiwaan dan keunikan dari setiap individunya. Sebagai salah satu lembaga pendidikan tingkat dasar yang meliputi tingkat Taman Kanak-kanak, Play Group dan Sekolah Dasar, maka terdapat 3 materi yang dipentingkan yaitu meliputi pengembangan akhlaq, pengembangan logika dan pengembangan sifat kepemimpinan.

Untuk pengembangan akhlaq, metode yang digunakan adalah dengan melalui ketauladanan yang dipimpin oleh guru yang bersangkutan maupun karyawan yang ada disana. Sementara itu pengembangan logika dilakukan dengan cara pembelajaran secara langsung dimana anak diberikan kebebasan untuk berinteraksi dengan alam sekitar tanpa batas sehingga keingintahuan menjadi besar. Kemudian untuk pengembangan kepemimpinan, maka dilakukan metode Outbond sehingga siswa dididik secara mental dan fisik.
  • Asas metode belajar

Pembelajaran di sebuah sekolah alam bekasi telah menerapkan sistem SPIDER WEB yang mana prosesnya berbasis tema atau proyek sehingga menggabungkan semua pelajaran secara menyeluruh yang nantinya bertujuan untuk mengenalkan kepada Tuhan yang Maha Pengatur.

Dengan melalui accelerated Learning, siswa akan melibatkan semua potensi yang dimilikinya ketika pembelajaran berlangsung dan dengan adanya active learning, siswa diajak agar lebih senang, segar dan bersahabat dalam kegiatan pembelajaran yang aktif melalui observasi dan eksplorasi.

sekolah alam bekasi


Dengan demikian Sekolah Alam Bekasi sangat cocok bagi mereka yang ingin anak-anaknya menjadi generasi yang berprestasi baik secara akademik maupun non akademik yang berupa akhlaqul karimah.

Sekolah Alam Bekasi Dan Asas Pembangunnya Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Unknown

0 comments:

Post a Comment