Blog ini berisi informasi sekolah Indonesia, artikel tentang sekolah, pengertian sekolah, yang sangat disarankan untuk anda baca oleh Google.

Sekolah Berasrama Di Indonesia Dan Kelebihannya

sekolah berasrama di indonesia


Sebuah pembelajaran akan lebih optimal jika kondisi lingkungannya mendukung. Dengan hal tersebut muncullah sekolah yang menerapkan sistem asrama untuk mengkondisikan siswanya memiliki pola belajar yang baik. Sekolah berasrama di Indonesia cukup banyak jumlah sehingga bisa menjadi pilihan bagi orangtua yang merasa kualitas anak yang berasrama akan jauh lebih baik dibandingkan anak yang hanya bersekolah seperti pada umumnya.

Umumnya seorang anak tentu memiliki semangat atau landasan mengapa ia mau belajar di sekolah yang memiliki asrama. Kelebihan dari sekolah yang berasrama bisa Anda lihat berikut ini.

1. Fokus belajar

Pada umumnya kegiatan belajar mengajar hanya memiliki waktu kurang lebih 5 atau 6 jam saja. Dengan belajar di sekolah berasarama, maka fokus belajar bisa lebih ditingkatkan sehingga kualitas dari pemberian pelajaran bisa lebih maksimal. Perbedaannya dengan sekolah yang biasa atau pun sekolah gratis adalah sekolah lain mudah terganggu oleh aktivitas siswa yang tidak berhubungan dengan pelajaran sehingga nilai sekolah kurang maksimal.

2. Lebih disiplin

Dengan adanya sekolah berasrama di Indonesia, penerapan segi disiplin akan bisa lebih baik dibandingkan dengan mereka yang berada di sekolah biasa. Karena jika sudah sampai di rumah kadang muncul rasa malas belajar dan kurang dalam motivasi belajarnya. Kedisiplinan dengan berasrama akan jauh lebih efektif dibandingkan dengan berusaha untuk disiplin di rumah sendiri karena adanya hukuman dan penghargaan jika sekolah yang berasrama. Dengan demikian sekolah berasrama jauh lebih efektif.

3. Mampu menggali potensi

Karena waktu yang kurang di sekolah biasa, maka potensi anak di mata pelajaran ataupun yang lainnya tidak tergali sehingga menjadikan anak dalam garis rata-rata. Berbeda halnya jika siswa diasramakan, maka akan terlihat potensi yang dimilikinya baik akademik maupun non akademik. Banyak lulusan dari sekolah berasrama yang menjadi seorang bertaraf internasional sehingga sekolah berasrama memang efektif mengembangkan potensi.

4. Lebih terbina

Siswa yang berasrama akan lebih terbina oleh para pendidiknya siang dan malam sehingga mampu menjadi seorang siswa yang memiliki nilai kepribadian yang baik.

Contoh Sekolah Berasrama di Indonesia


Berikut ini adalah contoh dari sekolah yang memiliki sistem asrama yang ada di Indonesia. Beberapa diantaranya kebanyakan adalah sekolah yang berbasis Islam sehingga sangat mirip dengan pesantren. Dengan demikian anak tidak hanya diajarkan ilmu duniawi saja, akan tetapi anak juga mendapat bimbingan secara agama dengan penuh kedisiplinan.

  • Nurul Fikri Serang Banten
  • Assyifa Sukabumi
  • Al Kahfi Bogor
  • Abu Bakar Yogyakarta
  • Al Azhar Jakarta
  • Insan Cendikia BDS Serpong
  • Internat Al Kausar Sukabumi.
  • SMP Sudirman Jakarta
  • SMA Dwiwarna Bandung
contoh sekolah berasrama di indonesia


Kini jelas sudah bahwa dengan menyekolahkan anak ke sekolah berasrama di Indonesia, anak akan memiliki potensi yang sangat besar baik dari materi pelajaran maupun sikap yang nantinya berguna dalam kehidupan bermasyarakat.

Sekolah Berasrama Di Indonesia Dan Kelebihannya Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Unknown

0 comments:

Post a Comment